abqory-sharia-group
Home

INDONESIAN GLOBAL HALAL HUB TANTANGAN ATAU HANYA ANGAN ?

June, 24 2023 by Abqory Media
img-post

Haloo Sobat Abqory !!!

Summary: 

Indonesian Global Halal Hub 2024 menjadi sebuah tujuan bagi negara dengan mayoritas penduduk memeluk agama Islam. Namun dalam perkembanganya saat ini masih terus dikebut dengan program self declare bagi UMKM dan program lainnya oleh pemerintah.  

Pembahasan:

Indonesian Global Halal Hub, mungkin tidak banyak dari kita tahu istilah ini, padahal di baliknya terdapat harapan besar bagi industri syariah di Indonesia. Saat ini negara kita menempati urutan ke 4 dunia dalam penghargaan The State of the Global Islamic Economy Report  tahun 2022 dengan konsumen produk halal sebesar 11,34 % persen dari pengeluaran  halal dunia. 

Dapat dibayangkan bahwa agama Islam menjadi mayoritas agama yang dipeluk oleh masyarakat Indonesia dengan pertembuhan sebesar 86,9% persen dari 235 juta jiwa. Selain itu di tahun 2045 kita mendapatkan bonus demografi generasi emas. Maka sangat disayangkan potensi tersebut belum sepenuhnya tergali untuk mewujudkan Indonesian Global Halal Hub 2024.

Lantas bagaimana kita menghadapi tantangan ini apakah hanya mimpi?

Bank Indonesia dengan Kementerian dan lembaga yang hadir dalam acara The 8Th  International Islamic Monetary  Economics and Finance Conference 2022 menghasilkan 5 strategi di antara nya, yakni Pertama bersinergi untuk memperkuat Global Halal Hub, Kedua fokus pada produk pakaian dan konsumsi halal dengan pasar timur tengah, Ketiga mempersiapkan misi dagang bersama, Keempat memperbanyak aggregator dan akses global, dan Kelima  Digitalisasi proses dan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).  

Kementerian Agama terus mendorong percepatan industri halal dengan program Self Declare (pernyataan mandiri) secara gratis bagi UMKM sampai pada tanggal 14 Oktober 2024, sehingga hal ini perlu diapresiasi oleh masyarakat untuk turut serta mendaftarkan produknya dalam program ini dengan menghubungi Lembaga Penyelia Halal sekitarnya agar Indonesian Global Halal Hub bukan sekedar angan saja.    

  

Terima Kasih

Selamat Membaca! 

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Penulis: 

Muhamad Afifullah, SH

Reviewer & Penanggung Jawab:

Rifqi Abqory Najih, SH., CBLC

 

(Bagi teman-teman yang hendak berkontribusi dalam penulisan artikel dan berita di Abqory Sharia dapat mengisi formular pendaftaran berikut: https://bit.ly/tulisanabqory)

 

Daftar Rujukan:

1. Global Halal Hub 

https://globalhalalhub.id/tentang 

2.  Kementerian Koordinator bidang Perekonomian

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4805/tak-hanya-miliki-domestic-market-yang-besar-indonesia-juga-berpeluang-menjadi-produsen-halal-terkemuka-dunia 

https://ekon.go.id/publikasi/detail/4761/wujudkan-indonesia-menjadi-global-halal-hub-pada-2024-menko-airlangga-tegaskan-peran-signifikan-umkm-dan-kawasan-strategis-ekonomi  

3. Kementerian Perindustrian

https://kemenperin.go.id/artikel/22974/Kawasan-Industri-Halal-Jadi-Pondasi-Global-Halal-Hub 

4. Data Indonesia

https://dataindonesia.id/varia/detail/sebanyak-869-penduduk-indonesia-beragama-islam 

5. Republika

https://ekonomi.republika.co.id/berita/rjbp8j349/ini-lima-strategi-kuatkan-ekosistem-global-halal-hub-indonesia 

Bagikan:

Artikel Terkait